Iklan

Didampingi LSM WahanaLiar, Petani di Padang Pariaman Ubah Sampah Jadi Pupuk Berkualitas

Admin
27 Desember 2020, 22:00 WIB
Didampingi LSM WahanaLiar, Petani di Padang Pariaman Ubah Sampah Jadi Pupuk Berkualitas


Suluah.id– Sebagai sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dibidang Pertanian, LSM Wahanaliar memberikan edukasi kepada Petani di Padang Pariaman untuk "menyulap" sampah menjadi pupuk alami berkualitas tinggi. 


Dan kebetulan, wilayah kerja Program LSM Wahanaliar saat ini berada di Nagari Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.


LSM wahanaliar mendampingi 9 Kelompok tani dan 2 Kelompok Wanita Tani dalam upaya peningkatan Kualitas Petanin dan Peningkatan Ekonomi Petani. Program-program pendampingan petani ini disingkronkan dengan Program Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman dan juga bekerja sama dengan Balai Penyuluh Pertanian ( BPP ) Kecamatan Batang Anai.




Fadli Rahmadi, S.Hut selaku Staff Penyuluh dan Pengembangan Program LSM Wahana Liar menyampaikan, ” alhamdulillah saat ini Petani di Nagari Ketaping Sudah banyak yang menggunakan Pupuk Organik Cair yang kami sosialisasikan, Bahkan saat ini petani yang kami dampingi sudah mampu membuat Pupuk Organik Cair ( POC ) secara mandiri.” Kata fadli dengan semangat.


“Pupuk Organik Cair ini kita buat dari sisa limbah rumah tangga dan juga limbah pasar disekitar Nagari Ketaping, Sehingga kedepan Petani Nagari ketaping bisa menjadi Percontohan untuk Petani lainnya di Kabupaten Padang Pariaman untuk mengurangi jumlah sampah sambil memanfaatkannya untuk pendapatan ekonomi baru.” tambahnya kepada kami.


Buk Sur selaku Ketua Kelompok Tani Fajar Menyinsing, Mengatakan ” Kami sangat senang dengan adanya program pendampingan dari LSM wanahaliar. Pendampingan masyarakat yang dilakukan memiliki inovasi-inovasi yang selama ini tidak terfikirkan oleh kami para petani namun mampu mereka terapkan dan sosialisasikan kepada kami dengan baik,”. katanya dengan tegas.


” Saat ini kami telah membuat POC mandiri dirumah maupun di kelompok, dan bahkan saat ini sudah banyak tetangga yang membeli pupuk ini untuk bunga dan sayuran. Meski masih menggunakan botol minuman dengan harga 10.000 untuk 1 liter Pupuk Cair.” Tambah buk Sur sambil tersenyum.


Program inovasi pembuatan Pupuk Organik Cair ini sudah di mulai sejak bulan Agustus 2020 Kemaren dan kedepannya di tahun 2021 LSM wanaha liar menargetkan untuk pemasaran POC dengan standar Lembaga Sertifikasi Organik di Kabupaten Padang Pariaman. 


(Sumber : Indonesiadetik.com) 

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Didampingi LSM WahanaLiar, Petani di Padang Pariaman Ubah Sampah Jadi Pupuk Berkualitas

Iklan