Iklan

100 Tahun Usmar Ismail, Mengingat Kekuatan Karya Sinematik Seorang Seniman

Admin
21 Februari 2021, 08:03 WIB




Suluah.id -- 100 Tahun Usmar Ismail adalah sebuah inisiatif mengenang kelahiran Usmar Ismail (1921-1971), satu abad yang lalu dan mengingatkan kita kembali akan kekuatan karya sinematiknya sekaligus menelusuri jejak tanah kelahiran pada identitas seorang seniman.

Dalam keterangan yang diterima,  Sabtu  (20/2/2021),  sutradara film, Arief Malinmudo menyatakan  rangkaian kegiatan itu  akan dilangsungkan pada paruh akhir Maret 2021.


Kegiatan ini diawali dengan rangkaian perbincangan antara dua sutradara film, Riri Riza dan Arief Malinmudo, pada awal 2020 lalu, membayangkan suatu pameran tentang Usmar Ismail di tempat kelahirannya, Bukittinggi.  

Mengiringi pameran ini akan diadakan rangkaian diskusi panel berbasis di rumata’ Art Space di Makassar. Kemudian pada akhir 2020, kurator/programmer film Lisabona Rahman ikut bergabung untuk mengolah pameran dan membuat program film dan diskusi online bersama Kolektif/Kinosaurus yang berbasis di Jakarta. Pada awal 2021, berturut-turut Ifan Ismail (Kineforum) dan Adrian Jonathan (cinema poetica) menyumbang inisiatif merancang program film, diskusi dan rangkaian terbitan.


"Bersama-sama kami ingin mengajakmu ikut merayakan #100TahunUsmarIsmail dengan caramu di manapun kamu. Pakailah tagar ini di media sosialmu supaya kita semua bisa saling mengikuti perayaan yang menyebar di berbagai titik,"  pungkasnya. 

Sampai jumpa di #100TahunUsmarIsmail!

(*) 
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • 100 Tahun Usmar Ismail, Mengingat Kekuatan Karya Sinematik Seorang Seniman

Iklan