Iklan

Berikut Penjelasan PT. Hutama Karya Terkait Penghentian Sementara Waktu Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Admin
06 Maret 2021, 21:56 WIB



Suluah.id -- Pihak PT Hutama Karya memberikan penjelasan terkait informasi dihentikannya sementara waktu proyek jalan Padang - Pekanbaru untuk ruas Padang - Sicincin.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan dalam pengerjaan proyek jalan tol itu pihaknya mengikuti sepenuhnya arahan dari regulator, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kita seringkali dihadapkan kendala di lapangan yakni soal pembebasan lahan yang memang masih menjadi tantangan tersendiri bagi PT Hutama Karya untuk mengerjakan proyek jalan tol tersebut," katanya, Sabtu 6 Maret 2021.

Akibatnya progres pengerjaannya pun tidak begitu signifikan di ruas Padang-Sicincin itu. Hal tersebut bukan karena pembangunannya yang lambat, namun perusahaan hanya dapat mengerjakan konstruksi tol sesuai dengan lahan yang telah dibebaskan.

“Berbagai skema alternatif telah kita lakukan, seperti pengajuan penetapan lokasi (penlok) baru, relokasi trase, hingga koordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pembangunan ini, namun tetap saja progres nya tidak begitu bagus,” ujarnya.

Menurutnya hal tersebut dilakukan untuk mempertimbangkan masyarakat setempat yang menyatakan bahwa tanah di sekitar pembangunan merupakan tanah pusaka dan produktif. Namun dalam pelaksanaannya, PT HK mengikuti sepenuhnya keputusan yang telah ditetapkan oleh regulator.

Koentjoro juga menambahkan bahwa sampai saat ini, perusahaan tidak pernah mengeluarkan pernyataan statement di luar siaran pers atau klarifikasi resmi yang didistribusikan oleh Komunikasi  PT HK.

“Sehingga, jika terdapat informasi simpang siur yang beredar, perusahaan tidak bertanggung jawab atas hal tersebut,” katanya.

Sebagaimana diketahui, proyek Tol Padang-Pekanbaru ruas Padang – Sicincin direncanakan sepanjang 36 kilometer yang merupakan bagian dari koridor pendukung (feeder) yang berada di koridor Pekanbaru hingga Padang sepanjang 254 Km.
Hingga saat ini, PT HK telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±1.064 Km dengan 551 ruas tol konstruksi dan 513 ruas tol operasi. 

Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (141 Km), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang–Kayu Agung (189 Km), Tol Palembang – Indralaya (22 Km), Tol Medan-Binjai seksi 2 & 3 (15 Km), Tol Pekanbaru-Dumai (131 Km) dan Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang 14 kilometer. (Rilis) 


Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Berikut Penjelasan PT. Hutama Karya Terkait Penghentian Sementara Waktu Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Iklan