Iklan

Giatkan Literasi Visual, Broadcast Kauman TV Diluncurkan

Admin
09 Maret 2021, 16:56 WIB
Giatkan Literasi Visual, Broadcast Kauman TV Diluncurkan


Suluah.id -- Dunia literasi terus berkembang seiring kemajuan teknologi digitalisasi. Media literasi terus berkembang dalam beragam platform dan kanal. 

Dalam rangka menggiatkan literasi visual dan sejalan dengan program Pemerintah Kota Padangpanjang terkait dengan program smart city, PontrenMu Kauman Padang Panjang luncurkan Broadcast Kauman TV, Selasa, 9 Maret 2021.

Program tersebut merupakan wadah bagi santriwan/ti untuk mengembangkan kreatifitasnya dibidang pendidikan berbasis tekhnologi 4.0. Program pendidikan berbasis teknologi merupakan program unggulan pemerintah kota dibidang pendidikan saat ini.

Bertempat di Ruangan Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang proses peluncuran program berlangsung cukup meriah. Selain diwarnai penampilan dari Mudir Pondok Pesantren Kauman, Derliana, MA yang langsung mencoba peralatan Broadcast, juga dilakukan acara tanya jawab dengan salah satu Duta Genre Kota Padang Panjang, Muhammad Rafli Chalidi. 





Siswa kelas X PontrenMu Kauman ini baru saja meraih peringkat dua dalam ajang pemilihan Duta Genre Kota Padang Panjang tahun 2021.
Bagi Derliana sendiri, program ini akan dikembangkan oleh pondok pesantren kedepannya menjadi program unggulan pondok pesantren.

"Kita mendukung penuh program Pemerintah Kota Padang Panjang dibidang pendidikan. Kami ingin menunjukan kepada dunia bahwa pondok pesantren pun memiliki kreatifitas dalam mengikuti perkembangan zaman," ungkapnya

Ditambahkannya, untuk saat ini ruangan Broadcast Kauman TV memiliki peralatan dan software canggih yang akan digunakan dalam studio praktek Kauman TV. Mulai kamera, televiseo control hingga editing digital video, sound system dan lain-lain.

"Saat ini baru peralatan ini yang tersedia, kedepannya akan dilengkapi dengan peralatan yang lebih untuk mendukung agar program Kauman TV ini lebih sempurna dalam setiap penayangannya," lanjutnya.
 

Usai diluncurkan, santriwan/ti yang tergabung dalam program Broadcast diajak untuk melihat langsung peralatan dan software tersebut dengan bimbingan tenaga ahli, Ali Nurdiansyah, S.Pd.

Bagi Ali sendiri, ini merupakan suatu terobosan yang dilakukan pontrenMu demi memberikan pendidikan literasi tekhnologi kepada santriwan/ti.

"Bentuk program literasi itu bermacam-macam. Salah satunya adalah literasi tentang tekhnologi. Saat ini kita dihadapkan pada satu zaman yang mana tekhnologi memegang kendali. Dengan adanya program seperti ini kami ingin berikan pendidikan kepada santri bahwa tekhnologi itu mampu mencerdaskan jika dilakukan dengan baik dan benar," katanya.
 
Kedepan, program Broadcast Kauman TV akan diisi oleh tokoh-tokoh inspiratif Padang Panjang, seperti Walikota Padang Panjang.

"Kedepannya kami akan hadirkan tokoh-tokoh inspiratif di kota ini, seperti Bapak Walikota. Diumur 30an beliau sudah berhasil menjadi pimpinan daerah disini. Betapa perjuangan, semangat dan pemikirannya membuat kami terinspirasi, agar nantinya santri kami disini akan termotivasi juga untuk mengikuti jejak beliau. Broadcast Kauman TV dapat diakses melalui YouTube PontrenMu Kauman TV," tutupnya. (JED) 
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Giatkan Literasi Visual, Broadcast Kauman TV Diluncurkan

Iklan