Iklan

Kiat Menjaga Kesehatan Mental Agar Tubuh Terjaga dari Serangan Covid-19

Admin
24 Maret 2021, 16:34 WIB
Kiat Menjaga Kesehatan Mental Agar Tubuh Terjaga dari Serangan Covid-19



Suluah.id --  Kesehatan mental memegang peranan penting dalam membentuk daya tahan tubuh dalam menangkal dan mencegah berkembangnya sumber penyakit di tubuh kita. 

Pemicu adanya gangguan pada kesehatan mental salah satunya disebabkan oleh stress dan rasa cemas berlebihan . 

Stress dan rasa cemas berlebihan dapat dikelola dan ditangani, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan mental yang lebih parah di kemudian hari. 

Berikut ini tips menjaga kesehatan mental saat pandemi:

1. Menjaga kesehatan tubuh

Kesehatan fisik dan mental saling berkaitan. Apabila kondisi kesehatan mental menurun, maka sistem kekebalan tubuh akan mengikuti, pun sebaliknya. Dengan menjaga asupan makanan agar tetap mendapatkan nutrisi yang cukup bagi tubuh dapat menjaga kondisi tubuh dan mental tetap sehat.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak serat, karbohidrat, vitamin, mineral, serat, serta bila perlu konsumsi suplemen dan multivitamin tambahan.

2. Melakukan aktivitas fisik
Dengan berolahraga ringan tubuh akan memproduksi hormone endorphin yang dapat meredakan stress, mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood. Latihan peregangan dan pernapasan pun dapat membantu menenangkan diri.

Selain itu berjemur di bawah sinar matahari pagi membuat sistem imun meningkat.

3. Sibukkan diri dengan Berbagai Aktivitas
Selama menjalani WFH dan PJJ, Anda bisa melakukan hobi atau aktivitas yang anda sukai, seperti memelihara tanaman, membaca buku, menonton film atau hobi yang dapat membantu kondisi ekonomi anda.

Melakukan kegiatan yang disukai, selain dapat meningkatkan produktivitas juga dapat menghilangkan rasa jenuh dan menghindari pikiran negatif.

4. Menjaga komunikasi dengan keluarga, teman, dan sahabat. 
Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman ataupun kenalan Anda. Baik melalui pesan singkat, media sosial, telepon atau video call.

Dengan berkomunikasi anda bisa menceritakan kekhawatiran, kecemasan, dan permasalahan yang anda rasakan untuk mengurangi tekanan yang sedang anda dapatkan sehingga membuat anda lebih tenang.

5. Batasi penggunaan media sosial
Media sosial sudah menjadi santapan setiap hari, tetapi penggunaan media sosial pun dapat berdampak pada kondisi psikis seseorang. Informasi dan konten yang negatif jika dikonsumsi terus menerus akan berdampak negatif bagi kesehatan mental, seperti insecureoverthinking serta rasa cemas karena informasi yang simpang siur. 

Terkadang kita perlu keluar dari dunia maya dan mencari aktivitas lain yang membuat diri sendiri merasa senang dan nyaman.

Meskipun demikian, asupan informasi penting tetap harus ada. Konsumsi informasi dari sumber yang tepercaya dengan kritis dan bijak.

Kecemasan dalam situasi pandemi seperti ini memang akan dirasakan oleh beberapa orang. Namun mencoba berdamai dengan diri sendiri dengan berpikir positif dan selalu bersyukur dapat meredakan kecemasan yang dialami. ( dari berbagai sumber). 
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Kiat Menjaga Kesehatan Mental Agar Tubuh Terjaga dari Serangan Covid-19

Iklan