Iklan

Tingkatkan Kewaspadaan Bencana, Santri PontrenMu Kauman Ikuti Simulasi Evakuasi Bencana dan Pertolongan Pertama

Admin
07 Maret 2021, 19:48 WIB
Tingkatkan Kewaspadaan Bencana, Santri PontrenMu Kauman Ikuti Simulasi Evakuasi Bencana dan Pertolongan Pertama


Suluah.id --Ratusan santri kelas X dan XI PontrenMu Kauman Padangpanjang ikuti simulasi evakuasi dan pertolongan pertama yang dilaksanakan oleh BPBD dan PMI Kota Padang Panjang di Kampus I Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman  Padang Panjang, Sabtu, 6/3/21.


Kegiatan ini dibuka oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana  Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Padang Panjang, Bapak Aswirman, S.E, dan didampingi oleh Tim BPBD dan PMI Kota Padang Panjang.


Selain simulasi Evakuasi Bencana dan Pertolongan Pertama, Tim BPDB dan PMI terlebih dahulu memberikan materi teori kepada santri yang dibagi menjadi empat kelompok yang terdiri dari Tim Pioner, Tim PMI, Tim BPBD dan Tim HW.


Tingkatkan Kewaspadaan Bencana, Santri PontrenMu Kauman Ikuti Simulasi Evakuasi Bencana dan Pertolongan Pertama


Simulasi berjalan dengan lancar, mulai dari cara berlindung dan menyelamatkan diri dari bahaya bagunan roboh akibat gempa, cara berkoordinasi dengan tim guna penyisiran korban yang terperangkap akibat reruntuhan bangunan, cara memberikan pertolongan pertama bagi korban,  hingga cara mengevakuasi korban dari lantai dua dengan tali dan tandu.


Kegiatan ini sengaja dihadirkan oleh Mudir PontrenMu Kauman, Umi Derliana, mengingat Kota Padang Panjang berada di daerah yang sering terjadi gempa, dan bangunan yang ada di Kompleks PontrenMu Kauman sebagian besar bertingkat, baik kampus I Asrama Putri maupun di kampus II Kauman.




" Kewaspadaan dan kemampuan mitigasi terhadap bencana hendaknya dimiliki oleh setiap santri PontrenMu Kauman, sehingga keberadaan kita ditengah masyarakat semakin bermanfaat, " pesan Umi Derliana. 


Umi Derliana berharap agar seluruh santri kelas X dan XI PontrenMu Kauman bisa mengikutinya dengan sungguh-sungguh, karena kegiatan ini jarang dilaksanakan. Umi juga berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan minimal satu kali setahun. (Zainal) 

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Kewaspadaan Bencana, Santri PontrenMu Kauman Ikuti Simulasi Evakuasi Bencana dan Pertolongan Pertama

Iklan