Iklan

Polda Sumbar Kerahkan 1300 Personil Untuk Pengamanan Operasi Ketupat 2021

Admin
05 Mei 2021, 21:20 WIB

Polda Sumbar Kerahkan 1300 Personil Untuk Pengamanan Operasi Ketupat 2021
Foto ilustrasi


Suluah.id -- Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat akan mengaktifkan posko-posko pengamanan Operasi Ketupat 2021 mulai Kamis (6/5/2021). Selain memantau arus lalu lintas, petugas juga memperketat pengawasan protokol kesehatan (prokes).


Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, dalam Operasi Ketupat 2021, Polda Sumbar mengerahkan seluruh petugas yang ada, termasuk untuk pengamanan di tempat wisata yang buka selama lebaran.


"Setidaknya ada sekitar 1.300 personil yang kita kerahkan, terdiri dari Polda Sumbar dan Polres sejajaran," katanya, Selasa (4/5/2021).


Untuk pengawasan di tempat wisata, kata Satake, akan dilakukan patroli, sehingga protokol kesehatan di tempat wisata tetap berjalan, mengingat Sumbar mengalami lonjakan terpapar covid-19.


"Kita tidak lagi melakukan sosialisasi. Namun langsung dilakukan penindakan sesuai aturan terhadap pelanggar prokes di tempat-tempat wisata," katanya.


Dengan begitu, pengelola wisata mewajibkan pekerjanya maupun pengunjung tetap memakai masker. Kemudian juga diminta untuk membatasi jumlah pengunjung, menjaga jarak dan menyediakan tempat untuk cuci tangan.


"Jadi kita melakukan penekanan kepada pengelola wisata. Karena disaat lebaran nanti, wisata merupakan tempat yang ramai dikunjungi masyarakat," imbuhnya.


Diketahui, operasi ketupat Idul Fitri 2021 dilakukan setelah keluarnya Telegram Kapolri tentang penertiban masyarakat di tempat wisata selama masa larangan mudik Lebaran 2021.


Dalam Telegram tersebut meminta agar polisi dapat memetakan lokasi wisata yang akan dibuka ataupun ditutup selama masa liburan. Hal itu, nantinya akan diperhitungkan oleh petugas untuk melihat animo masyarakat yang hendak melaksanakan kunjungan wisata.(rilis)

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Polda Sumbar Kerahkan 1300 Personil Untuk Pengamanan Operasi Ketupat 2021

Iklan