Iklan

Bergerak Sehat, Tepis Pandemi Covid

Admin
30 Juni 2021, 12:21 WIB


Suluah.id -- Untuk mewujudkan badan yang sehat dan bugar, salah satunya dapat dilakukan dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Olahraga ternyata mampu membantu mengoptimalkan penyembuhan beberapa penyakit.

Olahraga ditengah pandemi Covid-19  semestinya kian digiatkan untuk lebih menjaga kebugaran tubuh. Tubuh yang bugar dan sehat akan lebih sulit dimasuki virus karena daya tahan tubuh yang lebih kuat. 

Dibarengi dengan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, olahraga bisa memberikan manfaat besar bagi setiap orang.

Olahraga yang melatih sistem pernapasan bermanfaat meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru (kardiorespirasi). Hal ini sangat bermanfaat untuk mereka yang mengalami keluhan seperti pasien COVID-19. 

Dengan olahraga yang mampu memperbaiki sistem pernapasan, pasien Covid akan memiliki kekuatan yang lebih untuk kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Secara keseluruhan, olahraga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Olahraga dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit kronis seperti hipertensi, stroke, diabetes, dan penyakit jantung di kemudian hari.

Selain mencegah Anda untuk terkena penyakit kronis, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan persendian Anda. Dengan berolahraga, Anda juga dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Lakukan olahraga 30-40 menit sehari untuk membuat tubuh tetap fit. Lakukan olahraga secara rutin dan diimbangi dengan konsumsi makanan sehat untuk mendukung kebutuhan nutrisi tubuh.Aktifitas fisik dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus COVID-19 ini. 


Menurut hasil penelitian, orang yang rutin berolahraga lebih jarang terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. 


Hal ini disebabkan karena ketika anda berolahraga, kinerja sel darah putih akan terangsang. Sel darah putih ini yang berfungsi sebagai antibodi untuk melawan berbagai jenis kuman yang masuk kedalam tubuh. Olahraga dipercaya dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru yang memungkinkan tubuh terkena gejala flu dan penyakit lainnya. 


Ketika olahraga, suhu tubuh juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat menghambat bakteri untuk berkembang dalam tubuh, dan dengan suhu tubuh yang meningkat juga dapat membantu tubuh melawan infeksi. 


Selain itu, dengan aktif berolahraga juga dapat mengurangi hormon stress di tubuh dan memperbanyak hormone endorfin yang berguna untuk sebagai obat penghilang sakit alami dan penyenang suasana hati (hormon bahagia).

Beberapa olahraga murah meriah yang bisa kita lakukan untuk menepis badai pandemi Covid  antara lain adalah jalan kaki, berlari (jogging) atau bersepeda. Aktifitas jalan kaki tidak hanya untuk memperkuat jantung anda, namun juga dapat meningkatkan sistem imunitas anda. 


Olahraga yang tidak terlalu berat seperti jalan kaki atau bersepeda dipercaya dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh secara optimal. 


Keadaan yang penuh tekanan seringkali dapat mempengaruhi imunitas anda secara negatif. Jalan kaki atau bersepeda di sekitaran Kota Padang Panjang dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin berolahraga sekaligus berwisata. 

Jalan kaki ataupun bersepeda merupakan kegiatan universal yang dapat dilakukan oleh segala usia. Alam Padang Panjang yang sejuk, segar, dan menghikau dipercaya dapat melepaskan rasa stress dengan menikmati indahnya Kota Padang Panjang. 

Olahraga dapat membuat tubuh anda merasa lebih energetik dan sehat. Olahraga juga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri. Walaupun manfaatnya sangat baik, namun tidak disarankan untuk melakukan olahraga secara berlebihan.

Dan selain jalan kaki atau bersepeda, Anda juga dapat melakukan aktifitas berenang. Kota Padang Panjang memiliki kolam renang yang cukup baik untuk mereka yang menyukai olahraga renang. 

Anda tak perlu khawatir dengan kebersihan airnya. Karena air di Kolam Renang Lubuak Mato Kuciang berasal dari sumber mata air alami, yang airnya terus berganti dan terbarukan. 


Mari berolahraga, Mari bergerak sehat untuk menepis badai pandemi Covid dari kehidupan kita. ( budi) 

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Bergerak Sehat, Tepis Pandemi Covid

Iklan