Iklan

Paragede Jaguang, Ikon Kuliner Padang Panjang

Admin
21 Juni 2021, 09:22 WIB



Suluah.id -- Mungkin Anda pernah mendengar sebuah pemeo, Cinto uda samo adiak mode paragede jaguang di Lembah Anai, angek taruih...! 


Memang benar, salah satu yang diunggulkan oleh penjaja paragede Jaguang adalah terjaganya kadar hangat paragede jualannya.

Ini menjadikan paragede Jaguang adalah kudapan lezat untuk disantap di Padang Panjang yang memiliki suhu udara dingin.

Cuaca dingin disuguhi paragede Jaguang angek, Yo sabana sero...

Untuk diketahui, paragede Jaguang merupakan makanan bergizi tinggi.

3 buah paragede (100 g ) menghasilkan 260 Kalori sedangkan 1 porsi nasi (100 g) menghasilkan 290 Kalori. Hampir mendekati Khan ?

Di suhu Padang Panjang yang dingin, jika Anda memerlukan kalori yang cukup. Paragede Jaguang bisa memberikan kalori dengan cepat. Apalagi ditemani Kopi atau Teh Talua.

Paragede Jaguang Padang Panjang  punya aroma yang mengundang selera, rasanya manis, dan sedikit pedas.

Selain Sate Mak Syukur yang sudah terkenal, Paragede Jaguang Padang Panjang adalah makanan yang menjadi ikon atau penanda saat memasuki Kota Padang Panjang.

Paragede Jaguang lah yang menyambut pertama kali para pendatang atau yang akan melintasi Kota Padang Panjang.

Makanan ini banyak ditemukan bukan hanya di rumah-rumah makan, namun di sepanjang jalan lintas Sumatra Barat, juga di pasar-pasar di Padang Panjang yang dijajakan kepada pembeli.

Penjual paragede jaguang biasanya menjajakan panganan ini kepada para penumpang bis, atau kendaraan umum yang melintas di jalur-jalur umum lintas Sumatera Barat. Apalagi ketika bus istirahat mengisi bensin, akan banyak penjaja paragede jaguang masuk ke dalam bus tersebut untuk menjajakan dagangannya.

Untuk Sanak Kito nan di rantau, paragede Jaguang bisa jadi pengobat rindu kampuang halaman. Minta tolong lah Jo urang rumah untuk membuat paragede Jaguang,  semoga bisa sedikit mengobati rasa rindu akan kampung halaman ya...

Jan lupo sampaikan juga kata-kata romantis ala paragede Jaguang ini,

"Diak....Cinto uda samo adiak mode paragede jaguang di Lembah Anai, angek taruih..."

#paragedejaguang
#lamak
#lembahanai
#padangpanjang

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Paragede Jaguang, Ikon Kuliner Padang Panjang

Iklan