Iklan

Kabupaten Solok Masuk TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kemenpan-RB RI Tahun 2021

Admin
03 Juli 2021, 09:24 WIB


Suluah.id -- Dilansir dari situs resmi Kementerian PAN RB Republik Indonesia, sembilan inovasi kabupaten dan kota dari Provinsi Sumatra Barat dan Sumatra Selatan menyemarakkan presentasi dan wawancara hari kelima, secara virtual, Jumat (07/02).


Presentasi dan wawancara dilakukan oleh Tim Panel Independen (TPI) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2021 yang diketuai oleh Prof. JB Kristiadi, sedangkan Tim Sekretariat dipimpin oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa. 


Tahapan Wawancara dan seleksi yang dilaksanakan secara maraton dari tanggal 28 Juni hingga 16 Juli 2021, merupakan tindak lanjut setelah ditetapkan Pengumuman Tentang TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 dan 15 Finalis Kelompok Khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan K/L, PEMDA, BUMN dan BUMD Tahun 2020 tertanggal tanggal 18 Juni 2021.


Secara teknis pada tahap presentasi dan wawancara, TPI akan melakukan penilaian dari tempat masing-masing atau secara daring. Direncanakan, untuk mengonfirmasi manfaat dari inovasi akan dilakukan verifikasi lapangan atau dengan menanyakan kepada penerima layanan.


Dalam Wawancara secara virtual tersebut,  Bupati Solok Epyardi Asda yang memaparkan inovasi Wisuda Imunisasi (WISI). 


Epyardi menjelaskan, masyarakat Baju Bajanjang Kec. Tigo Lurah, Solok, masih tabu dengan imunisasi. Hal ini disebabkan rendahnya pengetahuan dan kentalnya kepercayaan, adat, dan tradisi turun temurun. 




Selain itu, masyarakat masih percaya dengan adanya mitos tidak boleh membawa anak keluar rumah sebelum mengikuti Upacara Turun Mandi.


Melihat fenomena ini, Puskesmas Batu Bajanjang mengagas Wisuda Imunisasi (WISI) untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap (IDL) + booster pada bayi sampai berusia dua tahun. 


WISI dilakukan dengan memberi penghargaan/pengakuan yang dikemas dalam bentuk wisuda dan pemberian sertifikat kepada bayi yang telah menyelesaikan IDL ditambah imunisasi booster


WISI menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi orang tua yang telah mengimunisasi bayinya karena telah mendapatkan pembuktian yang jelas melalui Wisuda dan Sertifikat.

(don/HUMAS MENPANRB)


Sebagai informasi, KIPP 2021 mengangkat tema Percepatan Inovasi Pelayanan Publik untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui Transfer Pengetahuan di Tatanan Normal Baru. (Laporan : Indra Gusnady

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Kabupaten Solok Masuk TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kemenpan-RB RI Tahun 2021

Iklan