Iklan

Ingin Cepat Punya Momongan? Berikut Tips untuk Memperbaiki Kesuburan Pria

25 Juli 2022, 09:20 WIB
foto: stockphoto


suluah.id - Kesuburan pria terletak pada sperma sebagai elemen penting dalam reproduksi. Sperma yang sehat dan subur akan memperlancar proses pembuahan.
Sebaliknya, sperma yang tidak subur cenderung kesulitan membuahi sel telur yang berada di rahim wanita.

Berikut ciri-ciri sperma sehat, dihimpun berbagai sumber.

1. Jumlahnya banyak


Kuantitas atau jumlah sperma yang sehat adalah sekitar 15 juta atau lebih untuk setiap mililiter (mL) semen, merujuk Healthline. Kurang dari jumlah tersebut sperma dianggap tidak subur atau disebut sebagai oligospermia.

Foto: istock



Semakin volume sperma yang dihasilkan saat pria ejakulasi, semakin besar pula kemungkinan salah satu sel sperma untuk berhasil membuahi sel telur.

Untuk bisa mengetahui kuantitas sperma yang dihasilkan secara akurat, Anda bisa melakukan tes kesuburan.


2. Sel Sperma bergerak gesit

Dari semua sel sperma yang ada, mungkin tak semuanya akan bergerak aktif dan ini adalah normal.

Namun setidaknya, dibutuhkan sekitar 40 persen atau lebih dari total sel sperma yang ada (spermatozoa) yang bisa bergerak normal dan berenang dengan baik sampai ke sel telur.




Pergerakan sperma yang gesit menjadi tanda sperma subur. Semakin lincah pergerakan sperma, membuatnya lebih cepat sampai rahim untuk melakukan pembuahan.


3. Bentuk sperma normal


Sperma yang sehat memiliki kepala yang bulat dan ekor yang panjang dan kuat. Sperma yang struktur dan bentuknya normal lebih mungkin untuk mencapai sel telur.

Lain halnya dengan sperma yang tidak subur. Sperma tidak subur ditunjukkan dengan bentuk abnormal atau cacat, misalnya kepala yang tidak bulat, lebih besar, atau ekornya bengkok dan lebih pendek dibandingkan sperma subur.




Dengan demikian, semakin banyak sperma subur dengan bentuk normal pada air mani, akan semakin lebih mudah sperma berenang mencapai sel telur.


4. Air Mani Kental dan berwarna putih

Air mani yang kental seperti jeli menjadi salah satu faktor kemungkinan ciri sperma subur dan normal. Ciri ini biasanya dikaitkan dengan banyaknya jumlah sel sperma.

Selain itu, sperma yang kental juga lebih sedikit mengalir keluar dari vagina, merujuk Healthline. Ini pun meningkatkan peluang wanita untuk hamil.

Sementara air mani yang cenderung encer umumnya menandakan jika sel sperma tidak subur, sering ejakulasi, tubuh atau kekurangan zinc.

foto: pixabay



Meski demikian, tingkat konsentrasi air mani bukan tolok ukur yang pasti untuk menandakan sperma subur atau tidak. Pasalnya, kekentalan air mani bisa berubah tergantung kadar cairan tubuh.

Hanya saja, jika air mani selalu encer Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter.
Air mani yang sehat dicirikan dengan warna putih keruh atau keabuan dan sedikit kekuningan. Sementara warna yang cenderung bening atau tak biasa, menjadi tanda sebaliknya.

Selain itu, air mani disertai bau basa yang tidak terlalu menyengat. Akan tetapi, kondisi ini dapat bervariasi pada masing-masing pria. Demikian ciri sperma yang sehat dan subur. Kunci menjaga agar kualitas dan kuantitas sperma tetap baik adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.


Tips Memperbaiki kesuburan dengan Gaya Hidup Sehat


Memperbaiki kesuburan khususnya pada pria seringkali menuntut pertolongan seorang  spesialis urologi atau endokrinologi reproduksi.  Setelah menguji kualitas sperma Anda, mungkin  saja Anda dianjurkan meminum obat penyubur atau menjalani terapi-terapi teknologi tinggi.

Akan tetapi ada beberapa cara alami yang dapat Anda coba. Untuk memperbesar peluang mendapatkan seorang anak. Inilah beberapa langkah mudah memperbaiki kualitas sperma.


Redakan stres Anda

Walaupun dokter belum tahu mengapa stres yang berlebihan dapat mengurangi hitungan sperma, mempraktikkan teknik-teknik meredakan stres seperti biofeedback atau relaksasi otot progresif bisa ada gunanya. Usahakan gairah Anda memuncak. 


Foto:pexels


Pria yang sangat terangsang ketika sedang bersanggama memancarkan semen lebih banyak dan menghasilkan sperma lebih kuat. Usahakan agar percumbuan atau foreplay Anda berlangsung sekurangnya 20 menit.



Tambah asupan vitamin C Anda

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sperma menggumpal, dan kasus ini mencapai 16 persen di antara semua pria yang mandul. Dan beberapa studi telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin C setiap hari ternyata meningkatkan kesuburan di kalangan pria perokok.




Vitamin C adalah antioksidan yang membuat membran-membran sel menjadi stabil dan ini bermanfaat baik bagi sperma. Buah-buahan seperti jeruk, mangga, semangka, strawberi dan sayuran seperti brokoli, tomat, dan kecambah adalah makanan yang kaya dengan vitamin C.



Atur jadwal

Hindari hubungan intim selama dua hingga lima hari sebelum pasangan Anda menurut dugaan akan mengalami ovulasi. Ini akan meningkatkan hitungan sperma, dan persentase sperma sehat yang akan Anda pancarkan bisa lebih tinggi.



Jangan berolahraga berlebihan

Orang yang berolahraga secara berlebihan bisa mengurangi hitungan sperma mereka karena suhu yang meningkat di sekitar testis selama kegiatan yang sangat mengerahkan tenaga.


Foto; pexels


Dalam sebuah studi di AS, para peneliti menemukan bahwa para pelari yang berlatih lebih dari 90 kilometer per minggu mempunyai hitungan sperma lebih rendah dan sel-sel sperma kurang matang daripada pria berlari kurang dari 50 kilometer per minggu. 


Namun, latihan aerobik yang takarannya sedang seperti berjalan cepat atau berenang, tiga kali seminggu, masing-masing selama 20 menit, tidak akan mempengaruhi produksi sperma.


Pakai celana bokser

Walaupun mungkin tidak seefektif yang diyakini oleh sebagian orang, mengganti celana dalam ketat dengan celana bokser atau celana kolor mungkin dapat menaikkan hitungan sperma Anda, pasalnya testis Anda akan lebih sejuk.



Turunkan berat beberapa kilogram

Apabila Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat beberapa kilogram mungkin meningkatkan kesuburan Anda. Apabila Anda kelebihan berat badan, jaringan lemak dapat membungkus testis Anda, menaikkan temperatur disitu dan membunuh sperma di dalamnya.



Turunkan suhu mandi sauna

Duduk di kamar mandi sauna atau bak air hangat, atau mandi air hangat biasa pada suhu lebih dari peratur tubuh untuk periode yang terlalu lama dapat menurunkan produksi sperma . Jangan menghabiskan waktu lebih dari 15 menit sehari di bak air hangat atau sauna, dan Uahakan agar suhunya tidak lebih dari 36,5 derajat celcius.



Cermati antibiotika yang Anda minum

Walaupun antibiotika bcgitu berperan dalam kemandulan, ada beberapa jenis yang bukti mempengaruhi mutu sperma dengan menurunkan hitungan sperma dan kelincahan gerak sperma, atau kemampuan "berenang" sperma. Yang tergolong kelompok ini adalah nitrofuran, contohnya nitrofurazone, dan macrolides, misalnya eritromisin. 


Berhenti merokok

Jika Anda merokok, peluang Anda untuk menjadi  seorang ayah terbang bersama asap rokok.  Merokok tampaknya mempunyai kaitan dengan lamban dan rendahnya hitungan-sperma dan selain itu, penelitian menemukan bahwa keguguran meningkat 64 persen apabila kedua pasangan merokok atau bahkan meskipun hanya sang pria yang merokok. Batasi minum alkohol. Alkohol berlebihan dapat menurunkan hitungan sperma.


Khitan (Sunat)

Lipatan kulup pada penis yang tidak disunat bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak hingga menyebabkan penyakit menular seksual (PMS). PMS dapat memengaruhi kesehatan reproduksi pria. Untuk menghindarinya, sunat bisa menjadi salah satu solusi. 

Dengan menerapkan cara-cara sederhana di atas, kesehatan reproduksi pria dapat lebih terjaga dan peluang untuk memiliki keturunan menjadi lebih besar.


Hindari obat terlarang

Pemakaian mariyuana dan obat-obat terlarang lain selama jangka panjang berakibat menurunnya hitungan sperma dan tidak normalnya pola perkembangan sperma.(dihimpun dari berbagai sumber)

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Ingin Cepat Punya Momongan? Berikut Tips untuk Memperbaiki Kesuburan Pria

Iklan