Iklan

Tentang Laut

27 Juni 2023, 14:37 WIB

Suluah.id - Laut selalu memiliki ceritanya sendiri dan laut kan terus menjadi misteri. Banyak kisah dan cerita tentang laut. Bahkan dalam Al Qur'an pun kata laut senantiasa diulang sebanyak 49 kali.

Deburan ombak yang ada takkan bisa menjelaskan keseluruhan isi dalam lautan. Banyak misteri serta kisah menarik dari lautan.

Gabungan warna air laut yang berpendar sepanjang permukaan dan putihnya pasir lautan, serta deburan suara ombak kan selalu membuat kenangan dan kekaguman akan pesona keindahan.

Ketika merasakan penat, larilah ke tepi lautan. Karena di sana akan ada bisikan ombak yang menenangkan, memberikan nasihat dan inspirasi. 

Banyak kata inspirasi dan motivasi yang dapat digoreskan dari lautan. 

Kita begitu suka memandang pantai. Melihat ombak menggulung ke tepian, menandai harapan yang terbenam sebelum kesampaian.

Masalah dalam hidup kita seperti ombak di tepi Lautan, ia akan selalu datang tapi pada saatnya ia akan pergi.

Maka belajarlah dari batu karang di tepi lautan. Tetap kukuh dan tegar, meski selalu dihantam kerasnya deburan.

Janganlah menjadi buih yang pecah apabila melanda pantai, tetapi jadilah angin yang sanggup melahirkan dahsyatnya gelombang.

Kita harus membebaskan diri kita dari harapan laut akan tenang. Kita harus belajar untuk berlayar di angin yang kencang.

Setiap nahkoda mampu bisa menahan kemudi saat lautan tenang. Namun hanya beberapa nahkoda saja yang mampu bertahan saat gelombang menerjang.

Kita memang tidak bisa mengubah arah angin, tapi kita bisa menyesuaikan layar untuk mencapai tujuan. Karena Angin dan ombak akan selalu berada di sisi navigator terbaik.

Bukan soal kecanggihan tehnologi dari kapalnya, tapi seberapa banyak pengalaman berlayar yang bisa menjamin perjalanan terbaiknya.

Seni menjadi seorang pelaut adalah tidak menyianyiakan kesempatan yang diberikan. 

Orang yang pesimistis akan selalu komplain tentang angin; orang yang optimistis akan selalu berharap angin untuk berubah; sedang orang yang realis akan menyesuaikan layar agar terkembang.

“Life is like riding a bicycle. To keep your balance you must keep moving” - Albert Einstein

Begitulah hidup. Untuk menjaga keseimbangan hidup, kita harus terus bergerak, terus melangkah ke depan, dan jangan pernah berhenti. Saat Kita berhenti, hidup akan berubah, usaha pun juga akan sia-sia.

"Don’t give up when you still have something to give. Nothing is really over until the moment you stop trying” - Brian Dyson

Jangan pernah menyerah ketika kita masih mampu berusaha lagi. Karena tidak ada kata berakhir sampai kita berhenti mencoba.

Terkadang tantangan dalam hidup kita bisa dibilang “biasa” saja  bila dibandingkan tantangan hidup yang dialami oleh orang lain yang terus berusaha lebih keras dari kita dalam menghadapi masalah yang lebih besar. Semua usaha yang kita lakukan tidak akan sia-sia asalkan kita tidak menyerah dan mampu menghadapinya sampai akhir. 

“Develop the winning edge. Small differences in your performance can lead to large differences in your results” - Brian Tracy

Kembangkan sikap untuk selalu menjadi lebih baik. Membuat perbedaan yang kecil dalam tindakan akan menghasilkan perbedaan yang besar dalam hasil yang diperoleh.

Sekecil apapun perubahan yang Kita lakukan asalkan ke arah yang lebih baik in syaa Allah akan membantu hidup Kita menjadi lebih baik. 

Dengan melakukan perubahan kecil secara rutin dan dengan usaha yang tulus akan membuat sebuah perubahan yang besar pada kehidupkan dibandingkan tidak melakukan perubahan sama sekali.
 
Ingat bahwa sekecil apapun tindakan yang membuat kehidupan semakin positif akan membawa dampak besar di masa depan.

“Risk more than other think is safe. Care more than other think is wise. Dream more than other think is practical. Expect more than other think is possible” - Claude T. Bissell

Ambillah risiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal.

Mulai hari dengan sikap semangat, penuh antusias, serta dengan pikiran yang positif dalam menyambut tantangan hidup. Ambillah risiko yang lebih besar dengan berfokus pada berbagai peluang yang ada di depan mata. 

Jangan pernah lupa untuk bermimpi dengan besar agar Kita selalu memiliki tujuan yang kuat atas keinginanmu serta berharap agar terus sukses dalam setiap tindakan.

"Start each day with a positive thought and a grateful heart" - Roy T. Bennett

Mulai setiap harimu dengan pikiran positif dan hati yang bersyukur.

Tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya hal tersebut. Karena saat memulai hari dengan pikiran positif dan hati yang bersyukur, semua akan terasa lebih ringan. Saat banyak rintangan di depan, hati pun tetap bisa merasakan kebahagiaan.

"Great things never come from comfort zones". Hal-hal besar tidak pernah datang dari zona nyaman.

Setiap orang pasti memiliki mimpi dan cita-cita yang besar tetapi butuh usaha untuk menggapai itu semua. 

Oleh karena itu, jangan pernah bertahan di satu titik ternyaman di mana Kita merasa akan selalu aman berada di posisi tersebut. Sebab pada kenyataannya tidak seperti itu, Kita harus berani keluar dari zona nyaman tersebut untuk mengambil lebih banyak kesempatan. 

"A winner is a dreamer who never gives up" - Nelson Mandela

Seorang pemenang adalah pemimpi yang tidak pernah menyerah. Jika ingin menjadi seorang pemenang, maka janganlah pernah sekalipun menyerah. Menyerah dengan keadaan bukanlah sebuah solusi. Berjuanglah dan carilah jalan agar bisa dengan segera sampai di garis akhir.(*) 

Wallahu'alam bi Showwab 
Pantai KarangBolong, 24 Juni 2023
Dirangkai dari berbagai sumber oleh Hengky Albantany

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Tentang Laut

Iklan