Iklan

Berawal dari Celana "Cang Mato", Muhammad Ridwan Inisiasi Program Bantuan Seragam untuk Siswa

13 Juli 2023, 11:02 WIB

Padang, pasbana - Siapa sangka yang melatarbelakangi adanya program bantuan seragam untuk siswa adalah siswa SMA dengan celana "cangmato". Remaja laki-laki dengan baju yang dikeluarkan terlihat seperti tidak mematuhi aturan sekolah, maju  di hadapan semua guru, lalu menyentuh hati wakil rakyat, Muhammad Ridwan.

Waktu itu Muhammad Ridwan yang merupakan Anggota Legislatif DPRD Sumbar dari Fraksi PKS melakukan monitoring dan evaluasi ke sebuah sekolah. Ciri monevnya selalu ada motivasi yang diberikan beserta hadiah yang sangat dinanti pesertanya.

Namun Monev kali ini, menjadi cikal Bakal terealisasinya bantuan 1000 pcs seragam sekolah senilai 300 juta di Kabupaten dan Kota Pariaman, Latar belakang yang benar-benar mengharukan.

Selesai memberikan motivasi, Muhammad Ridwan melanjutkan dengan acara kuis berhadiah. Saat itu, Seorang anak laki-laki mengangkat tangan dengan penuh semangat untuk menjawab Quiz ke depan, namun ada yang berbeda dari anak itu.

Di saat semua anak laki-laki memasukan bajunya kedalam celana nya sebagai bentuk kepatuhan terhadap aturan sekolah ,apalagi acara ini di hadapan semua guru dan kepala sekolah, Si anak laki-laki maju ke depan dengan baju yang dikeluarkan dan ia terus tarik bajunya menutupi celana nya.

Muhammad Ridwan bertanya kepada guru di sebelahnya, kenapa anak itu tidak memasukan bajunya kedalam dan malah mengeluarkan nya di hadapan semua guru.

Sang gurunya menjawab bahwa celana anak di belakangnya ada cangmato (artinya robeknya bolong dua)  dan orangtuanya belum punya uang hingga saat ini untuk membelikan celananya yang sudah bolong parah sehingga sudah tidak bisa dijahit lagi.

Muhammad Ridwan merasa sangat terenyuh melihat anak lelaki itu. Betapa masih banyak PR nya selaku wakil rakyat yang harus memperjuangkan hak-hak masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang layak dengan fasilitas yang layak pula.

Seketika ia menghubungi Dinas terkait untuk menanyakan program yang bisa direalisasikan untuk membagikan seragam sekolah, dan salah satu Dinas ada yang merespon dan mereka punya program untuk membagikan seragam gratis untuk Anak-anak sekolah.
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Berawal dari Celana "Cang Mato", Muhammad Ridwan Inisiasi Program Bantuan Seragam untuk Siswa

Iklan