Iklan

Irsyad Syafar, Kader PKS Sumbar yang Bertabur Prestasi

04 Juli 2023, 20:29 WIB

Padang, suluah.id - Irsyad Syafar adalah Kader PKS Sumbar yang kini juga menjadi Wakil Ketua DPRD Sumbar. Tidak hanya dikenal sebagai politikus tapi juga Da'i yang penuh prestasi.

Irsyad merupakan Putra dari H. Syafar Buan dan Hj. Darnis Abdullah. Irsyad menempuh pendidikan di SD Negeri 1 Koto Nan 4, ia selalu menjadi juara kelas dan menyelesaikan sekolahnya sebagai juara umum di sekolah tersebut.

Tidak hanya di SD prestasi terus diukir oleh Irsyad saat bersekolah di MTsN Koto Nan 4 yang membawanya masuk ke Madrasah Aliyah Program Khusus atau MAPK yang hanya ada satu di Sumatera yaitu di Koto Baru, Padang Panjang dan hanya ada lima di Indonesia. 

MAPK adalah program baru yang dilakukan oleh Menteri Agama pada waktu itu, H. Munawir Sadzali. Irsyad termasuk murid pertama yang mana tujuan sekolah itu dibangun adalah untuk pengkaderan ulama di Indonesia.


Tak tanggung-tanggung di sekolah MAPK, Irsyad juga mengukir prestasi membanggakan, ia menjadi juara kelas dan menjadi juara umum di MAN Koto Baru secara keseluruhan. Kemudian Irsyad merantau ke Jakarta untuk masuk ke sekolah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab atau lebih dikenal dengan sebutan LIPIA. 

Setelah di LIPIA, Irsyad Syafar kembali memperoleh beasiswa untuk berkualiah di Kuwait. Ia kembali mencatat prestasi  dengan memperoleh predikat kelulusan Summa Cum Laude atau Dengan Kehormatan Tertinggi dan IPK 3,82 ketika menyelesaikan studinya di Kuwait. 

Karena prestasi tersebut Kuwait memberikan Irsyad beasiswa untuk melanjutkan S2 di Cairo University. Di Cairo lagi dan lagi Irsyad menoreh prestasi, ia lulus dengan mendapatkan predikat kelulusan Cum Laude di 2003.

Kini di tengah kesibukannya menjadi Wakil Ketua DPRD, kader PKS ini juga tengah menyiapkan penerbitan buku yang ditulisnya. Sebelumnya Irsyad telah meluncurkan dua buku, dan saat ini tengah mempersiapkan dua buku lagi untuk diterbitkan. (*) 
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Irsyad Syafar, Kader PKS Sumbar yang Bertabur Prestasi

Iklan