Iklan

Kapolda Sumbar Apresiasi Bakti Sosial Operasi Katarak oleh HBT

13 Agustus 2023, 22:55 WIB


Padang, suluah.id - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Suharyono, mengapresiasi kegiatan bakti sosial Operasi Katarak yang digelar Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Padang, Minggu (13/08/2023).

Kapolda mengatakan, kegiatan-kegiatan sosial seperti ini harus dipertahankan dan dilakukan secara berkesinambungan, bukan hanya di Kota Padang saja, namun juga di seluruh kota/kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada HBT yang telah banyak melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat, semoga ini bisa memicu lembaga lainnya untuk bergerak sesuai bidang masing-masing," katanya.

Kapolda mengatakan, juga mengucapkan selamat kepada pasien dan keluarga pasien yang telah berhasil menjalani operasi katarak.

"Tentu hari ini pasien dan keluarga pasien yang sudah menjalani operasi merasakan kebahagian, saya ucapkan selamat," sambungnya.

Untuk mendukung kegiatan ini, kata Kapolda, pihak kepolisian Polresta Padang mengerahkan Babinkamtibmas untuk membantu warga di wilayahnya masing-masing yang menderita katarak, agar bisa dilakukan operasi.

Sementara Ketua (Toako) HBT Padang Andreas Sofiandi mengatakan kegiatan bakti sosial berupa operasi katarak ini, merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh HBT Padang dalam rangka memeriahkan HUT Kota Padang ke - 354 dan menyambut HUT RI ke-78.

"Untuk kegiatan operasi katarak ini kita bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), yang didukung oleh para residence," kata Andreas.

Ia menerangkan, pada kegiatan ini berhasil dilakukan operasi kepada 115 orang pasien yang menderita katarak, bahkan 16 orang menjalani operasi pada kedua matanya.

Menurut Andreas, perkumpulan HBT yang berdiri sejak tahun 1876, memang konsen bergerak di bidang sosial, pendidikan dan pemakaman.

Seiring dengan waktu akta Andreas, HBT juga turut peduli dan terjun langsung membantu para korban bencana alam, seperti saat terjadi gempa besar di Kota Padang tahun 2019 lalu.

"Untuk katarak, kita telah melakukan lebih dari 20 ribu operasi, selain itu kita juga telah melakukan operasi bibir sumbing dan hernia," ungkapnya. (rel)
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Kapolda Sumbar Apresiasi Bakti Sosial Operasi Katarak oleh HBT

Iklan