Iklan

Gelar PKM, ISI Latih Kriya Makrame untuk Anggota PPDI Padang Panjang

03 September 2023, 12:21 WIB



Padang Panjang,suluah.id –Institut Seni Indonesia(ISI) Kota Padang Panjang melaluì dosen  Prodi Pendidikan Kriya  dan Kriya seni Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terkait kriya Makrame, di Sekretariat Dewan Pengurus Cabang Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia(DPC PPDI) Kota Padang Panjang, Sabtu (2/9).

PKM ini bertujuan untuk pengembangan produk seni kerajinan makrame dalam rangka meningkatkan kreativitas dan memberikan pengetahuan bagi  kelompok disabilitas.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekretaris DPC PPDI Padang Panjang Muhamad Ilham, S.Ds.,M.Sn. Kegiatan ini menghadirkan 2 narasumber yang mapan dalam kriya Makrame in yaitu Ibu Asmidar, S.Sn.,M.Sn dan bapak Purwo Prihatin, S.Sn.M.Hum.




Salah satu pengurus DPC PPDI Padang Panjang, Muhammad Ilham mengapresiasi pengadaan kegiatan ini.

"Saya sangat apresiasi dan juga berterimakasih kepada segenap kelembagaan yang telah mengadakan kegiatan kali ini, " ujarnya. 

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kelompok disabilitas, karena dalam kegiatan kali ini diberikan pelatihan-pelatihan yang dapat mengasah ketrampilan dan nantinya dapat menghasilkan suatu produk yang dapat dipasarkan dan mampu meningkatkan perekonomian bagi keluarga disabilitas. 

Selain itu, Narasumber sekaligus Dosen Kriya Seni ISI, Purwo Prihatin,  menyampaikan kegembiraan atas terlaksananya kegiatan kali ini.




" Kegiatan PKM terkait kriya Makrame ini merupakan suatu kegiatan unggulan yang dikhususkan untuk masyarakat penyandang disabilitas. Melihat semangat dari masyarakat, saya sangat senang dan ikut menumbuhkan semangat saya dalam melahirkan produk-produk unggulan, " ucapnya. 

Jenis disabilitas yang sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran makrame ini berasal dari disabilitas rungu/tuli, orang tua disabilitas, Daksa/ketidakmampuan anggota tubuh, dan juga disabilitas grahita/gangguan mental. (Ilham) 
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Gelar PKM, ISI Latih Kriya Makrame untuk Anggota PPDI Padang Panjang

Iklan