Iklan

Bagian Otak Mana yang Menyebabkan Kecanduan?

22 Juni 2024, 09:40 WIB


Suluah.id - Kecanduan adalah penyakit kompleks yang berdampak pada fungsi otak. Bagian otak yang menyebabkan kecanduan disebut jalur dopamin mesolimbik. 

Kadang-kadang disebut sirkuit penghargaan di otak. Mari kita lihat lebih dalam penyebab kecanduan dan dampaknya pada area otak ini.
Kecanduan dapat berdampak buruk pada otak. 

Tidak hanya dapat mengubah fungsi otak, tetapi juga dapat merusak sel. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan masalah pada ingatan, pengambilan keputusan, dan pengendalian emosi. 

Hal ini juga dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan mental lainnya seperti kecemasan dan depresi. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang berjuang melawan kecanduan, penting untuk mendapatkan bantuan. 

Otak dan Kecanduan
Sebagai organ paling kompleks dalam tubuh, otak mungkin sulit untuk dipahami, terutama dari sudut pandang kecanduan. Ia bekerja seperti komputer yang rumit. 

Otak terdiri dari sel-sel yang disebut neuron yang disusun menjadi sirkuit dan jaringan. Neuron bertindak sebagai semacam saklar yang membantu aliran informasi. Ketika neuron menerima sinyal dari neuron lain, neuron tersebut aktif dan mengirimkan sinyal baru.

Masing-masing sirkuit ini bekerja sama untuk mencapai tujuan. Setiap fungsi yang Anda selesaikan memerlukan jaringan neuron ini agar berfungsi dengan baik.
Untuk mengirim pesan, neuron melepaskan neurotransmitter ke celah antara ruang neuron.

Neurotransmitter ini menempel pada reseptor di neuron lain. Ketika itu terjadi, sel penerima berubah.
Terkait kecanduan, sirkuit yang terlibat terutama adalah sistem penghargaan dan sistem stres.

Sistem penghargaan bertanggung jawab untuk memberikan perasaan menyenangkan sebagai respons terhadap hal-hal yang baik bagi Anda, seperti makan atau melakukan hubungan seksual.

Sistem stres bertanggung jawab untuk membantu Anda menghadapi ancaman dan bahaya. Ketika kedua sistem ini diaktifkan secara bersamaan, hal ini dapat menciptakan siklus kecanduan.

Sistem penghargaan akan melepaskan dopamin, yaitu zat kimia yang membuat Anda merasa baik. Sistem stres akan melepaskan kortisol, yaitu hormon yang membuat Anda merasa tidak enak. Kombinasi ini menciptakan dorongan kuat untuk terus menggunakan zat atau perilaku tersebut.

Bagian Otak Mana yang Menyebabkan Kecanduan?
Ketika sistem kompleks ini terganggu, perubahan terjadi di beberapa area otak:
  • Ganglia basal –  Di area otak ini, yang penting untuk motivasi positif, obat-obatan memicu sirkuit penghargaan. Area otak ini memengaruhi aktivitas sehat dan aktivitas yang menciptakan kesenangan. Ketika obat-obatan melebih-lebihkan area ini, mereka menciptakan perasaan mabuk. Jika hal ini terjadi berkali-kali, rangkaian imbalan akan beradaptasi dengan obat tersebut. Artinya, sulit merasakan kenikmatan apa pun tanpa obat.
  • Amigdala yang diperluas –  Area otak ini memproses kecemasan dan kegelisahan. Ini biasanya merupakan tempat di mana gejala penarikan muncul ketika obat tinggi memudar. Dengan penggunaan narkoba, area ini menjadi lebih sensitif.
  • Korteks prefrontal –  Area otak ini bertanggung jawab untuk merencanakan, berpikir, dan memecahkan masalah. Di area otak inilah aktivitas kompulsif terjadi karena berkurangnya kendali impuls.

Anda Dapat Mendapatkan Kontrol dan Meningkatkan Fungsi Otak. 
Otak dan kecanduan mungkin rumit, tetapi ada bantuan yang tersedia. 

Para peneliti telah mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang cara otak belajar dan berubah. Hasilnya, dengan menggunakan terapi, pengobatan, dan struktur pendukung yang tepat, otak dapat kembali bekerja normal kembali.

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Bagian Otak Mana yang Menyebabkan Kecanduan?

Iklan