Iklan

Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi

21 Juni 2024, 07:27 WIB


Suluah.id - Sejumlah tokoh wanita Islam yang menginspirasi memiliki kisah dan perjuangan yang patut untuk diteladani. 

Berkat kecerdasannya, para tokoh wanita Muslim ini sangat berjasa dalam mendukung perkembangan Islam. Tak hanya itu, para tokoh wanita Islam ini juga dikenal dengan sifat yang penuh teladan hingga dapat menjadi motivasi bagi kita untuk terus menjadi pribadi yang baik setiap hari. 

Lantas, siapa saja tokoh wanita Islam yang luar biasa ini? Suluah.id mengulas 6  tokoh wanita Islam yang menginspirasi sebagai berikut. 

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi


Tokoh wanita Islam yang menginspirasi ini dikenal dengan ketabahan dan kebijaksanaannya dalam hidup yang bisa menjadi motivasi bagi seluruh umat Islam. 

1. Khadijah Binti Khuwailid


Khadijah Binti Khuwailid merupakan salah satu tokoh wanita Islam yang menginspirasi. Ia adalah istri Nabi Muhammad SAW. yang sangat berperan dalam perjuangan menegakan Islam.

Khadijah memiliki peran dalam menciptakan inovasi di bidang bisnis. Ia dikenal sebagai pebisnis yang sukses karena kejujurannya ketika berdagang. 

Khadijah juga selalu memberikan dukungan kepada Rasulullah SAW. ketika hendak berdakwah. 

2. Fatimah Az Zahra Binti Rasulullah SAW


Tidak hanya Khadijah, putrinya bersama Rasulullah SAW. yakni Fatimah Az Zahra pun merupakan salah satu tokoh wanita Islam yang terkenal. 

Ia dikenal dengan sifatnya yang tabah dan lembut, serta memiliki kecerdasan luar biasa. Tak hanya itu, Fatimah juga dikenal sebagai penulis yang menerima gelar kehormatan dari seorang Musnida Asfahan. 



3. Aisyah Binti Abu Bakar


Aisyah binti Abu Bakar adalah istri termuda Rasulullah SAW. Aisyah dikenal sebagai sosok yang memiliki pengetahuan luas tentang hukum syariat dan hadits. 

Ia juga berperan besar sebagai perawi hadits. Aisyah diketahui telah meriwayatkan sebanyak 2210 hadist Nabi Muhammad SAW. yang memuat sunnah-sunnah dalam praktik keseharian Rasulullah SAW.

4. Asma Binti Abu Bakar


Putri Abu Bakar dan kakak perempuan Aisyah yakni Asma juga merupakan salah satu tokoh wanita Islam yang menginspirasi.  Asma menikah dengan al-Zubair bin al-‘Awwam di mana anak keturunannya menjadi tokoh politik dan intelektual terkemuka selama abad pertama Islam. 

Asma juga disebut sebagai salah satu sahabat Rasulullah yang paling terpelajar. Banyak sumber menyebutkan bahwa ia memiliki integritas, ketabahan, dan keberanian. 

5. Asy-Syifa Binti Abdillah


Asy-Syifa binti Abdillah dikenal sebagai kepala pasar Madinah dan guru pertama dalam hal tulis menulis di kalangan umat Islam. Ia juga termasuk dalam golongan pertama yang masuk Islam. 

Asy-Syifa adalah istri dari Abu Khasmah yang dikenal memiliki kemampuan dalam mengobati penyakit sejak masa Jahiliyah.

Setelah masuk Islam, ia memanfaatkan kemampuannya untuk dakwah Islam. 

6. Rufaidah Al-Aslamiyyah


Rufaidah Al-Aslamiyyah adalah perempuan dari Bani Aslam yang berperan dalam mengobati orang-orang yang terluka ketika perang kaum Muslim melawan kaum kafir Quraisy. 

Keteladan Rufaidah dikisahkan ketika Sa'ad mengalami luka parah dalam perang Khandaq, kemudian umat Islam membawanya kepada seorang perempuan yang bernama Rufaidah yang memiliki kecakapan dalam pengobatan. 

Itulah 6 tokoh wanita Islam yang menginspirasi dengan sederet perannya yang patut kita teladani.(rel/bd) 
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi

Iklan