Iklan

Pernah Nggak Sih, Nawarin Makan Cuma Basa-Basi? Ternyata Bisa Bahaya, Lho!

21 September 2024, 09:05 WIB


Suluah.id - Kita pasti pernah ngalamin situasi ini: lagi makan sendiri, terus tiba-tiba ada temen yang lewat atau duduk bareng. Meski makanan kita pas-pasan buat satu orang aja, rasanya nggak enak kalo nggak nawarin, kan? 

Akhirnya kita bilang, “Eh, mari makan yuk!” Walaupun dalam hati kecil, kita berharap mereka jawab, “Nggak, makasih, gue udah makan.” Atau lebih baik lagi, mereka bener-bener nggak mau ikutan makan.

Kelihatannya sepele ya, kayak basa-basi aja. Tapi ternyata, menurut beberapa ulama, sikap kayak gini bisa dianggap “berbahaya.”

Imam Sufyan ats-Tsauri, salah satu ulama besar, pernah bilang:

Siapa yang ngajak seseorang buat makan tapi dalam hatinya nggak pengen orang itu ikut makan, terus ternyata orang yang diajak makan beneran ikut makan, maka yang ngajak itu dapet dua dosa. Kalau orang yang diajak nggak ikut makan, yang ngajak tetep dapet satu dosa.”

Waduh, serius?!

Imam al-Ghazali—ulama terkenal lainnya—nambahin penjelasan soal dosa ini. Dosa pertama adalah dosa nifak, alias lain di mulut lain di hati. Bahasa gaulnya, munafik. Dosa kedua adalah bikin orang lain jadi nggak nyaman kalau mereka tahu sebenarnya kita nggak beneran pengen mereka ikut makan.

Jadi, pelajaran yang bisa kita ambil nih, kalo mau nawarin makan, pastiin emang tulus dari hati ya! Biar kalo mereka bener-bener ikut makan, kita juga ikut senang, bukan malah nyesel.

Gimana Kalau Nggak Diajakin Makan?

Nah, sebaliknya, kalo kita lihat ada orang yang lagi makan tapi nggak nawarin kita, nggak usah su'udzon alias berburuk sangka. Mungkin ada alasan kenapa mereka nggak nawarin. Contohnya, kisah dari Sufyan ats-Tsauri tadi. Salah satu temannya pernah datang saat Sufyan lagi makan, tapi Sufyan nggak nawarin makan sama sekali. Setelah selesai, Sufyan bilang, “Kalau aja makanan ini bukan dari hutang, pasti gue ajakin lo makan.”

Terus, ada juga cerita tentang Nabi Zakariya AS. Beliau kerja jadi tukang bangunan dan dapet upah berupa roti. Pas lagi makan, temen-temennya dateng, tapi beliau nggak nawarin roti itu. Setelah selesai makan, beliau jelasin, “Gue kerja di sini buat orang lain, dan roti ini buat ngasih gue tenaga biar bisa kerja. Kalau kalian ikut makan, rotinya nggak bakal cukup buat kita semua, dan gue nggak bakal kuat buat kerja.”

Intinya: Tulus Itu Penting!

Jadi, dari cerita-cerita ini, kita bisa belajar kalo tawarin makan itu harus tulus. Kalo nggak mau berbagi, nggak perlu maksa diri buat basa-basi. Dan kalo kita nggak ditawarin makan, jangan langsung negative thinking. Mungkin aja ada alasan yang kita nggak tahu, kayak yang dialami Nabi Zakariya atau Imam Sufyan.

Nah, gimana? Setelah tahu semua ini, yuk lebih tulus lagi kalo mau nawarin makanan. Nggak cuma biar dapet pahala, tapi juga biar semua hati senang!

[Budi]
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Pernah Nggak Sih, Nawarin Makan Cuma Basa-Basi? Ternyata Bisa Bahaya, Lho!

Iklan